Menara
Eiffel (bahasa Perancis: Tour Eiffel, /tuʀ
ɛfɛl/) merupakan sebuah menara besi yang
dibangun di Champ de Mars di tepi
Sungai Seine di Paris. Menara ini telah menjadi ikon global Perancis dan salah
satu struktur terkenal di dunia.
Pengenalan
Dinamai
setelah perancangnya, insinyur Gustave Eiffel, Menara Eiffel adalah Bangunan
Tertingi di Paris salah satu struktur terkenal di dunia. Lebih dari 200.000.000
orang telah mengunjungi menara ini sejak pembangunannya tahun 1889, termasuk
6.719.200 orang tahun 2006, menjadikannya monumen bertarif yang paling banyak
dikunjungi di dunia. Termasuk antena setinggi 24 m (79 kaki), struktur ini
memiliki tinggi 325 m (1.063 kaki) sejak 2000, yang sama dengan bangunan
konvensional bertingkat 81.
Menara Eiffel Oktober 2007
Ketika
menara selesai dibangun tahun 1889, struktur ini menjadi yang tertinggi di
dunia — gelar yang dipertahankan hingga 1930 ketika Chrysler Building di New York City (319 m —
1.047 kaki) selesai. Menara ini sekarang yang tertingggi kelima di Perancis dan
paling tinggi di Paris, dengan struktur tertinggi kedua Tour Montparnasse (210 m —
689 kaki), meskipun akan dikalahkan oleh Tour AXA (225.11 m —
738.36 kaki).
Menara Eiffel dari wilayah
sekitarnya.
Struktur
besi Menara Eiffel berbobot 7.300 ton sementara keseluruhan struktur termasuk
komponen non-besi berbobot 10.000 ton. Tergantung temperatur, puncak menara
dapat menjauhi matahari 18 cm (7 inci) karena pemuaian besi pada bagian yang
menghadap matahari. Menara ini juga berayun 6-7 cm (2-3 inci) dalam suasana
berangin. Sebagai demonstrasi terhadap ekonomisnya bangunan, bila 7300 ton
struktur besi dicairkan, maka akan memenuhi 125 meter persegi dengan kedalaman
6 cm (2.36 inci), yang berarti kepadatan besi 7.8 ton per meter kubik. Menara
ini memiliki massa yang kurang dari massa udara di dalam silinder dengan
dimensi yang sama, setinggi 324 meter dan 88.3 jari-jarinya. Berat menara
10.100 ton bila dibandingkan dengan 10.265 ton udara.
Tingkat
pertama dan kedua dapat diakses dengan tangga dan lift. Sebuah loket tiket di
menara selatan menjual tiket ke anak tangga yang dimulai di tempat itu. Di platform
pertama tangga menaik dari menara timur dan pertemuan tingkat ketika hanya
dapat diakses dengan lift. Dari platform pertama atau kedua tangga dibuka bagi
semua orang yang naik dan turun tergantung apabila mereka telah membeli tiket
lift atau tiket tangga. Jumlah anak tangga 9 ke loket tiket di dasar, 328 ke
tingkat pertama, 340 ke tingkat kedua dan 18 ke platform lift di tingkat kedua.
Ketika keluar lift di tingkat ketiga terdapat 15 anak tangga naik menuju
platform pengamatan atas. Jumlah anak tangga dituliskan secara bertahap di sisi
tangga untuk memberikan tanda tangga naik. Kebanyakan tangga naik memberikan
pemandangan langsung ke bawah atau sekitar menara meskipun beebrapa anak tangga
pendek tertutup.
Perawatan
menara terdiri dari pengadaan 50 hingga 60 ton cat setiap tujuh tahun untuk
menjaganya dari karatan. Untuk menjaga penampilannya terhadap pengunjung di
bawah, tiga warna berbeda digunakan pada menara ini, dengan warna gelap di
bawah dan warna terang di atas. Warna cat diubah; menara ini dicat
coklat-kelabu. Di tingkat pertama terdapat konsol interaktif yang
memberitahukan warna pada pengecatan selanjutnya. Arsitek Menara Eiffel adalah
Emile Nouguier, Maurice Koechlin dan
Stephen Sauvestre.
Sejarah
Menara Eiffel
Menara Eiffel dalam pembangunan
bulan Juli 1888.
Struktur
ini dibangun antara 1887 dan 1889 sebagai pintu masuk Exposition
Universelle, Pameran Dunia yang
merayakan seabad Revolusi
Perancis. Eiffel sebenarnya berencana membangun menara di Barcelona,
untuk Pameran Universal 1888, tapi para pihak yang bertanggung jawab di balai
kota Barcelona menganggapnya
aneh dan mahal, dan tidak cocok dengan kota itu. Setelah penolakan Rencana
Barcelona, Eiffel mengirim drafnya kepada pihak yang bertanggung jawab untuk
Pameran Universal di Paris, dimana ia membangun menaranya setahun kemudian,
yaitu 1889. Menara ini diresmikan tanggal 31 Maret 1889, dan dibuka tanggal 6 Mei. Tiga ratus pekerja
menggabungkan bersama 18.083 bagian besi benam (bentuk murni
dari besi struktural), menggunakan dua setengah juta paku, dalam bentuk struktural oleh Maurice Koechlin. Resiko
kecelakaan sangat besar, untuk pencakar langit modern
yang tak biasa menara ini terbuka tanpa tingkat tengah kecuali dua platform.
Tetapi, karena Eiffel mengambil sikap hati-hati, termasuk penggunaan takal
bergerak, rel bantu dan layar, hanya satu orang yang meninggal.
Pemandangan Pembangunan Menara
Eiffel: di tingkat pertama
Menara
ini mendapat berbagai kritik dari masyarakat ketika dibangun, menyebutnya
mengganggu mata. Surat kabar harian dipenuhi dengan surat kritik dari komunitas
seni di Paris. Salah satunya dimasukkan dalam penerbitan Kantor Penerbitan
Pemerintah AS William Watson mengenai Pameran Universal Paris: Teknik Sipil,
Pekerjaan Umum, dan Arsitektur 1892. "Dan selama dua puluh tahun kita
melihat, membentang ke seluruh kota, masih dijalani oleh orang-orang jenius
berabad-abad, kita melihat bentangan seperti bayangan hitam dari kolom hitam
yang dibangun dari lempengan besi berpaku.” Penandatangan surat ini meliputi
Messonier, Gounod, Garnier, Gerome, Bougeureau, dan Dumas.
Pengarang
novel [{Guy de Maupassant]] — yang membenci menara itu — makan siang di
restoran Menara setiap hari. Ketika ditanyai mengapa, ia menjawab bahwa itu
adalah satu-satunya tempat di Paris dimana kita tidak bisa melihat Menara. Hari
ini, masih saja dianggap sebagai bagian seni bangunan mencolok.
Salah
satu cliché film Hollywood
menampilkan pemandangan dari jendela Paris yang selalu menampakkan menara.
Kenyataannya, sejak pembatasan tinggi bangunan di Paris menjadi 7 tingkat,
hanya beberapa bangunan tinggi yang memiliki pemandangan jelas terhadap menara.
Eiffel
memiliki izin berdiri menara selama 20 tahun, yang berarti harus dibongkar
tahun 1909, ketika kepemilikannya diserahkan kepada Kota Paris. Kota telah
berencana meruntuhkannya (bagian dari peraturan kontes asli untuk merancang
menara yang mudah diruntuhkan) tapi setelah menara ini terbukti mendatangkan
untung dari segi komunikasi, menara ini dibiarkan berdiri setelah izin tersebut
kadaluwarsa. Militer menggunakannya untuk mengatur taksi Paris di garis depan
selama Pertempuran
Marne Pertama, dan menjadi monumen kemenangan pertempuran itu.
Bentuk
menara
Melihat
ke atas Menara Eiffel.
Ketika
menara dibangun banyak orang dikejutkan dengan bentuknya yang menantang. Eiffel
dikritik untuk desain ini dan dipaksa mencoba merancang sesuatu yang berseni,
atau tak berseni dari sisi pandang, tanpa keinginan membangun. Eiffel dan
insinyurnya, dikenal sebagai pembangun jembatan, mengerti kepentingan kekuatan
angin dan tahu bahwa mereka akan membangun struktur tertinggi di dunia mereka
harus mencocokannya dengan tiupan angin. Dalam wawancara yang dilaporkan surat
kabar Le Temps, Eiffel mengatakan:
“
|
Sekarang
untuk apa saya memberikan alasan utama perancangannya? Menara ini tahan angin. Baiklah!
Saya menyatakan bahwa lengkungan empat sisi luar menara, sebagaimana perhitungan
matematika (...) akan memberikan pemandangan bagus terhadap kekuatan dan
keindahan, dan memberikan kesan kepada siapapun yang melihatnya kecanggihan
desain secara keseluruhan.
|
”
|
diterjemahkan dari surat kabar Perancis Le Temps
tanggal 14 Februari
1887
|
Bentuk
menara sebelumnya telah dinyatakan dengan perhitungan matematika yang tahan
angin. Beberapa teori perhitungan ini telah direncanakan bertahun-tahun, yang
terbaru adalah persamaan berbeda integral
nonlinear didasarkan pada
pengimbangan tekanan angin dari sisi apapun pada menara dengan ketegangan
antara elemen konstruksi pada waktu itu. Bentuknya eksponensial. Plot berbahaya
pada lengkungan menara, menampilkan dua eksponen yang berbeda, bagian bawah
memiliki pertahanan kuat melawan angin.
Pemasangan
Sejak
awal abad ke-20, menara ini telah digunakan untuk transmisi radio. Hingga 1950-an,
sebuah kumpulan kabel menara membentang dari pertemuannya hingga berakhir di Avenue de Suffren dan Champ de Mars. Mereka
terhubung dengan transmitter gelombang panjang di bunker kecil; tahun 1909,
sebuah pusat radio bawah tanah permanen dibangun dekat pilar selatan dan masih
ada hingga sekarang, Tanggal 20 November
1913, Paris Observatory,
menggunakan Menara Eiffel sebagai antena, mengirim sinyal tanpa kabel dengan Pusat
Observasi Angkatan Laut Amerika Serikat yang menggunakan antena di Arlington, Virginia. Obyek
transmisi untuk mengukur perbedaan garis bujur antara Paris dan Washington, D.C.
Menara
ini memiliki dua restoran: Altitude 95, di tingkat pertama (95 m, 311
kaki, di atas permukaan
laut); dan Jules Verne, sebuah restoran gastronomis
mahal di tingkat kedua, dengan lift khusus. Restoran ini memiliki bintang satu
di Michelin Red Guide. Bulan
Januari 2007, seorang koki dengan banyak bintang Michelin Alain Ducasse dibawa ke
Menara untuk menjalankan Jules Verne.
Dek pengamatan teratas,
dengan ketinggian 275 meter, merupakan wilayah tertinggi struktur arsitektur di
Uni Eropa yang dibuka
untuk umum.
Lift
penumpang dari tingkat dasar ke tingkat pertama dioperasikan oleh kabel dan
penarik yang dijalankan oleh piston besar berkekuatan air. Ketika menaiki
lengkungan, kabin elevator naik sedikit, tapi dengan kejutan naik setiap
beberapa detik, untuk menjaga tingkatnya sejajar. Pembangunan elevator
diperlihatkan dan dibuka untuk umum dalam sebuah museum di satu dari empat
pilar menara.
0 komentar:
Posting Komentar